Feeds:
Posts
Comments

Keep SMILING, My Friend !

Another scan of poto jadul. Ini jaman2 waktu kecik dulu. Raso2nyo kelas 2 SD. SD Taman Siswa – Taman Muda 3, Sungai Gerong. Seinget aku, ini lagi pegi natalan ke rumah guru kami yang ngerayoinnyo : Bu Darmi. Aku ke situ samo Cicik. Yang moto ini bu Darmi. Makasih, Bu. Btw, Ibu di mano ye sekarang … ??

 

samo-cicik-dll

Gaya rambut aku adalah gaya yang paling trend pada masa itu : gaya ‘ledi dai’. Tau kan Ledi Dai ? Ituuu … bininyo Pangeran Charles yang cantik jelita ituuu …

Oh, balik ke Cicik lagi. Sesuai dengan namonyo, bodinyo kecik muntil. Dio tu tipe yang jauh nian dari feminin. Dan ternyata kepremanannyo menurun ke anak bungsunyo : Lulu. 😉  ..  *dak pa po, Lu. lanjakke bae. mama kau dulu jugo samo bae !* ..

Cicik ini diperebutke kalo lagi bebagi tim kasti. Soalnyo badan keciknyo tu ajaib nian, melintir2, kalo nak di-cas. Dak pernah keno. Tapi kalo nge-cas uong.. ya cacaam .. sakitnyo bukan maen ! Bedebig .. !

Waktu reuni di Bandung kami ketemu lagi. Cerito2 kisah2 lamo. Aiii .. serunyo. Dak lupo bepoto sambil pasang senyum jaim. 

 

img_3655

EXOTIQUE

Waktu minggu2 kemaren aku dateng ke rumah ayukku yang di Bandung, aku ditunjukkin poto yang selama ini belom pernah aku liat. 

betiga-jadul-1

Yang mana aku ?? Yaaa … Yang paling kecil. Yang pake sepatu boot plastik. 😉 Gempal. Item rata. Dari ujung jidat sampe ke betis2. wahahaha … 

Eh, ada satu poto lagi.

berempat-jadul1

Apakah aku jadi lebih putih ? Ga juga sih. Kayanya itu lampu studionya aja yg terlalu terang. Makanya jadi keliatannya aku lebih putih ketimbang ke-3 ayuk2ku. Padahal justru mereka putih2 dan aku sendiri yang item. Dari dulu. Sampe sekarang. 🙂

Ga pa pa sih .. paling item. Yang penting …. sekarang … di antara mereka, akulah yang paling muda !! wahahaha … husss …

The Older, The WISER

Barusan chatting sama temenku, si Okta. Nginget jaman2 masa kecil kami, yang sangat2 berada di .. jaman jahiliyah. Ga tau ya. Jaman kami kecil dulu itu, sesama temen cewe itu kompaknya bukan maen. Akrabnya bukan maen. Tapi kalo ke anak2 cowo … beu … galaknya bukan maen !

Kami yang temenan sama anak cowo, biasanya pasti langsung musuhan cuma gara2 diatur duduknya sebangku sama si anak cowo yang bersangkutan. Nasib aku baek. Dari kelas 1 sampe kelas 6 cawu 1, selalu sebangku dengan cewe. Eeeh… begitu cawu 2, diatur duduknya sebangku sama anak yang namanya Sahidi.

Tiap hari aku coret meja kami pake kapur tulis. Jadi dia tau ‘bates wilayah’ aku. Kalo sampe tangannya ngelewatin bates itu, penggarisku langsung aku ‘pletak’ ke meja dengan pedas.

Yaaah .. Sahidi yang malang. 🙂 . Dia anak pendiem. Pasti dia ga ngerti, apa salah dia sampe aku segalak itu. Jangankan dia. Aku juga sekarang ga abis pikir. Apa perlunya sih, sampe segitu2 banget.

Atau temenku si Birlami yang pernah pas lagi jengkel, nancepin pensil yg bisa direfill ke pinggang si Endang sampe isi pensil itu patah. Kata si Birlami waktu ketemu aku pas lebaran lalu .. jangan2 isi pensilnya masuk ke pinggang si Endang. Waduh. Itu juga gara2 duduk sebangku.

Tapi, si Okta, lebih parah lagi. Karena ‘kasus’nya udah dimulai dari kelas 5.

Sebangku sama Iwan. Secara otomatis mereka musuhan. Walopun tadinya ga ada masalah apa2. Dan yg lebih kasihan lagi, si Iwan dimusuhi semua temen2 Okta. Termasuk aku. Musuhan juga sama Iwan. Just for the sake of our friendship. Tanpa nanya kenapa harus musuhan. Atau mestinya malah nasehatin biar ga musuhan.

Tadi aku dan Okta chatting. Dan kami sadar, kami udah jahat banget sama temen SD kami yg sempet kami musuhin. Oh, well, ga ada jalan laen. Kami harus minta maap. 

Akhirnya, singkat cerita, aku telepon si Iwan. Yang sempet berantem parah dengan rombongan kami, cewe2, waktu kelas 6. Sialnya, aku yg kena tabokannya. Dan yak, sejak itu kami saling buang muka kalo ketemu. Sampe tamat SD. Dan ga pernah ketemu lagi sejak itu.

I realize that I told him the unnecessary things that might hurted him. So, I apologize. Biar gimanapun, we’re friend. If, we couldn’t be friend at that time, we can be friend from now on.  😉

JONG Indonesia

28 Oktober. Sumpah Pemuda.

Inget ga cita2 kita pas masih pake seragam putih merah ? “Jadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa”.

Mungkin sekarang ada yang udah tercapai cita2nya. Mungkin juga ada yang masih nyangkut.

Tapi .., ehm … gimana ya persisnya berguna bagi nusa dan bangsa itu ? Secara, yang jadi pegawai negeri, maap2 ajah, terus terang ajah .., malah itulah posisi yang paling banyak kesempatan untuk morotin nusa dan bangsa. 😦

Jadi gimana dong persisnya ‘seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa’ ?

Mungkin ga penting banget mo berguna apa ga bagi nusa dan bangsa. Yang penting kita jadi orang baek2 aja deh. Apapun profesi kita. Pegang amalan agama kita masing2. Karena pada dasarnya semua agama itu mengajarkan hal2 tentang kebaikan ke sesama manusia. Yang beda di agama itu cuma gimana cara hubungan manusia dengan Sang Penguasanya aja. Ya ga sih.

Mungkin harus diubah cita2 para anak SD jaman sekarang. Mestinya gini kali ye ..

Cita2 : Jadi orang baek2 dan tidak merugikan siapapun. :mrgreen:

Bandung Lautan NOSTALGIA

Sabtu, 18 Oktober kmaren, aku dateng ke acara reuni warga Sungai Gerong yang diadain di Bandung. Datengnya rame2. Aku ngajak my hubby dan anak2ku. Trus, bareng juga sama sodara2 kandungku dan keluarganya ; ayuk Chairaty (kami manggilnya cuma ‘ayuk’), Yuk Bai dan Kak Syah. Soalnya, kebetulan, kami emang lagi pada ngumpul lebaranan di rumah ayuk di Buah Batu, Bandung.

Yang dateng ke acara lebih banyak temen2nya ayuk2 dan kakakku – yang terus terang aja – aku ga kenal mereka. Sementara, yang angkatan aku cuma empat orang. Itupun karena kami sebelumnya udah janjian pada mau dateng ke acara.

Jadi, begitulah. Aku ktemu lagi dengan temen2 kecilku dulu. Si Cicik, Ully, dan Windhy. Bener2 reuni yang menguras air mata. Bukan karena kami adalah orang2 sensitif yang gampang nangis. Tapi karena kami nginget2 kejadian konyol dan tolol di masa lalu dan ketawa kebahak2 sampe keluar air mata.

Untung, kami udah dari awal berinisiatif ngobrol di samping gedung. Jadi, walopun kami ngakak2 sampe pipi rasanya mo kram gitu, ga sampe ngeganggu acara reuni yang sesungguhnya. Kami ngikutin acara dengan cara ngeliatin ke dalem gedung via jendela kaca. Sambil sesekali komentar .. waduh .. poto tahun berapo tuh, potonyo bae masih item putih .. ! Atau .. eh .. itu bukannyo yang dulu gagah. kok sekarang jadi botak mak itu ! Hehehe.. ya iyalah .. namanya juga reuni. Everyone’s getting older. And we’re talking about past.

Ah .. senengnya .. ketemu some of my best friends lagi. Hope, I’ll meet all of my best friends again in one fine day ..

ini versi tampang kemayunya. Aslinya sih, ketawa ngakaknya sampe membahana di sepanjang koridor teras gedung pertemuan !

CLEANest

Dak nyangko. Pacak jugo ternyata Palembang dapet award masalah kebersihan. Tingkat ASEAN lagi. Cacam … Hebat. Penghargaan ‘Sustainable Environment City’ se-ASEAN.

Tadi laki aku yg lagi baco koran, ngasih tau. Aku langsung mbantah. Palembang ? Kota terbersih ? Se-ASEAN ? Mada’i. Masak Palembang lebih bersih dari Singapur ?

Tapi, mak itulah beritanyo. Palembang. Sustainable Environment City. Se-ASEAN. So, it means … Palembang adalah kota yg punyo the cleanest land, cleanest water and cleanest air se-ASEAN. Hebat.

Selamat. Untuk Palembang. Untuk para pejabatnyo. Untuk para petugas kebersihan yang lah rajin mbersihin jalan2 kota dan yang bersihin sungai2. Dan untuk seluruh warga Plembang yg (caknyo) idak hobi mbuang sampah baseng2 lagi.

Semoga biso terus mak itu. Bersih. Dak banyak sampah. Dak banyak polusi.

Dan .. , Palembang .., semoga biso menang di tingkat ASIA ye !

BELIEVE What You Believe

Dini hari, abis sahur, nonton tipi sama my hubby. Pindah channel sana sini. Ga sengaja kepindah ke Al-Jazeera. Eh, oya, aku inget one thing. Arab Saudi udah lebaran belom ya ? Hmm .. there’s one way to find out. Telepon ponakanku, si Ais. Suaminya kan kerja di Libya.

Ternyata Libya dan Arab / Timur Tengah udah lebaran hari ini. Waduh. Bingung nih. Mau nerusin puasa apa mo ikut lebaran. Stay tune di Al-Jazeera. Ga ada nyinggung2 tentang Eid Al-Fitr. Berita perang mulu. Okeh. Connect ke internet. Nyari2 kapan sih tanggal 1 Shawwal 1429 H itu ? Dapet page ini.

Dan ini cuplikannya :

Niaz Ahmed Khan from UAE reported: Eid is announced
Tuesday is the first day of Eid Al Fitr, the UAE Moon Sighting Committee announced on Monday. The committee, headed by Mohammad Bin Nakhira Al Daheri, Minister of Justice, was quoted by WAM as saying that after a number of legitimate measures, as well as several contacts with neighbouring countries, it was established that Tuesday is the first day of Shawwal and hence the first day of Eid Al Fitr in the UAE.

Official Decision and Announcement of the High Judiciary Council of Saudi Arabia: Since the moon of Shawwaal was sighted this evening, here in Saudi Arabia, we shall be completing twenty nine (29) days of Ramadhaan. Subsequently, we shall be celebrating ‘Eed al-Fitr on Tuesday 30th September 2008, inshaa.-Allaah
Comment by Moonsighting.com: It was impossible to see the moon in Saudi Arabia. The moon set before sunset and moon age was only less than 7 hours.

Well, aku dengan yakin lebaran juga jadinya. Bukan cuma karena ikut2an aja. Bukan juga mo jadi partisipan / pengikut aliran atau organisasi manapun. Tapi cuma dengan berdasarkan perhitungan waktu aja. Kan Arab / Timur Tengah itu GMT+2 sampe GMT+4. Sementara Indonesia itu GMT+7. Maksudnya, kalo di Indonesia (WIB) +/- jam 7 pagi, maka di daerah Arab sekitar jam 2 pagi.

Nah, kalo yang jam 2 pagi aja udah lebaran, kenapa juga kita yang udah jam 7 pagi masih puasa ?

Kata my hubby : bingung ya. Bulannya kan cuma satu. Kenapa ga berpatokan di satu tempat aja ? Kalo di salah satu negara udah ngeliat, ya udah. Negara lain tinggal ngikutin. Kenapa nentuin tanggal 1 Syawal selalu ngebingungin ?

Hmmm … Tanya kenapa.

Tapi, ya sudahlah. Kami lebaran pagi ini. Tapi, sholat lebarannya teteup besok. Ngikut mesjid deket rumah. Well, kami udah rapih2in rumah. Siap nerima tamu. 🙂

Adek beruang (nama bonekanya Diero) sedang nunggu tamu yang mo dateng

Buat semua temen, sodara, dan seluruh blogwalker .. Kami sekeluarga mengucapkan ..

Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1429 H. Minal Aidin wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin seluruh salah baik yang disengaja maupun yang ga disengaja. Semoga amal ibadah kita yang sebulan ini diterima Allah. Semoga ibadah kita di bulan2 berikutnya akan lebih baik lagi. Dan semoga kita masih ada umur untuk berpuasa di bulan Ramadhan tahun depan. Amiiin …